v belt matik

SUBTITUSI V-BELT SKUBEK
Seperti juga rantai, v-belt di skubek CVT ada ukuran panjang pendeknya. Apalagi sekarang banyak beredar v-belt variasai atau produk after market. Ukurannya beda-beda. Bikin bingung pemakainya. Bagus yang mana ya?

“Lebih bagus pakai yang ukuran lebih pendek,” ujar Yuda Wijaya, pemilik toko variasi Auto Jaya Motor di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat. Ada juga yang bilang lebih baik v-belt lebih besar, akan lebih kuat. Makin bingung?
“V-belt lebih pendek atau panjang memang dapat mengubah kecepatan, tapi sulit mendapatkan v-belt modifikasi yang memliki realibility seperti standar pabrik,” ujar Muhamamd Abidin, Manager Technical Departemen-Service Division PT. YMKI.
“Lebih simpel cari yang lebih tebal, sehingga umur pakai lebih lama,” tambah Joseph, ATPM Suzuki. Yang penting semakin banyak sisi v-belt kontak langsung dengan pully akan lebih baik daya putarnya,” ujar Wedijanto Widarso, dari PT. AHM.
Nah, bandingin belt Vario, Mio dan Kymco, dan variasinya
Vario
Jumlah mata 103 mata
diameter 81,1 cm
Lebar V-belt atas 19,10 mm
Lebar V-blet bawah 14,74 mm
Tinggi V-belt 9,20 mm
Jarak sumbu antar pully 25,6 cm
Mio/Nouvo
Jumlah mata 78 mata
diameter 85,1 cm
Lebar V-belt atas 18,80 mm
Lebar V-blet bawah 13,70 mm
Tinggi V-belt 10,02 mm
Jarak sumbu antar pully 28,5 cm
Kymco SR 125 (Bando)
Jumlah mata 74 mata
diameter 76,8 cm
Lebar V-belt atas 19,82 mm
Lebar V-blet bawah 15,21 mm
Tinggi V-belt 10,20 mm
Spin 125 dan Skywave
Jumlah mata 76 mata
diameter 81,2 cm
Lebar V-belt atas 19,48 mm
Lebar V-blet bawah 14,71 mm
Tinggi V-belt 10,10 mm
Jarak sumbu antar pully 25,8 cm
Variasi Mio (Kitaco by Bando)
Jumlah mata 82 mata
diameter 85,3 cm
Lebar V-belt atas 18,04 mm
Lebar V-blet bawah 13,84 mm
Tinggi V-belt 10,10 mm
Kesimpulan
Dari data komparasi terlihat bahwa v-belt standar untuk Yamaha Mio mempunya diameter 85,1 cm dengan jumlah mata V-belt berjumlah 78 mata. Sedang diameter v-belt racing yang dijual di pasaran mempunyai diameter sama dengan standar tapi jumlah mata v-belt lebih banyak, yaitu berjumlah 82 mata.
Dengan jumlah mata yang lebih banyak berarti media v-belt yang nempel di pully jadi lebih banyak. Sehingga daya putar lebih baik dan v-belt lebih pendek dari standar akan mendapatkan akselerasi lebih baik pada rpm rendah hingga menengah.
Jadi, lebih baik ukuran diameter lebih kecil dengan mata lebih banyak…

10 komentar:

  1. Klo gigi lebih banyak,daya cengkram lebih bagus,oke saya setuju gan,
    Tapi klo ukuran lebih pendek,bukannya lebih dominan di putaran atas gan,
    Menurut pengalaman saya,pernah substutusi v belt honda beat,beat fi & vario non fi,
    Karena smakin pendek v belt,maka diameter posisi vulley belakang akan semakin kecil,sama halnya dgn merubah rasio gigi final gear,belakang smakin kecil,dominan di putaran ats,bawahnya lemot,
    Sory klo salah mohon di koreksi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Se7
      Tepat sekali.

      Sy juga lagi cari v belt yg lebar sama tp lebih Panjang 1mata
      Agar putaran bawah joss
      Dan top spet nya naik.

      Hapus
    2. Itu udh benar kl terlalu pendek dari stdr nya akselerasi ok top speed no

      Hapus
  2. itu varionya vario karbu 110 atau udah esp ?

    BalasHapus
  3. Kalo aplikasiin vbelt vario 150 ke 110 masih karbu masuk gk ya

    BalasHapus
  4. Apakah semua seri vario dimensi v belt nya sama

    BalasHapus
  5. Kalok beat karbu berapa mata gan

    BalasHapus
  6. Mohon masukannya gan.., biar mio m3 tarikan lbh yahud pake v belt yg gemana gan. Mksh

    BalasHapus